rangkuman pengetahuan, resensi buku, dan opini

13 November 2014

Kamus Bahasa Indonesia Praktis untuk Pemula

Karena ada orang yang tak ingin seperti Vicky Prasetyo, maka sebuah kamus dibutuhkan. Kita sama-sama ingat, Vicky kadung memakai bahasa yang intelek, tapi ternyata maknanya meleset dari konteks. Sebut saja kejadian fenomenal macam Vicky itu dengan istilah “Vickyisme". 

Vickyisme  berawal dari tingkat kepercayaan diri yang berlebihan alias lebay dan bersifat personal. Jika Vicky melakukan vickynisasi, lalu diamini oleh banyak orang maka vickyisme tak lagi istilah, tapi sudah berubah menjadi mashab. Bila kemudian mashab vickyisme itu mendapat dukungan kekuasaan maka bisa jadi berubah menjadi ideologi.


Asumsi yang agak berlebihan seperti di atas bisa jadi kenyataan apabila orang menggunakan bahasa menurut tata aturannya sendiri, punya kamus sendiri, digunakan sendiri, dan sayangnya disampaikan ke orang lain.

Karena itu kamus dibutuhkan agar pengguna bahasa bisa berbahasa secara tepat. Kebutuhan berbahasa secara tepat itu bukan semata kebutuhan para penulis, wartawan, blogger, atau yang hobi membuat status. Lebih luas daripada itu, berbahasa secara tepat adalah kebutuhan masyarakat. Tujuannya supaya komunikasi bisa terjalin lebih mudah.

Memang di Indonesia sudah ada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang beredar di toko buku. Ada juga KBBI yang beredar versi “duplikat” di pasar buku di kota S, B, dan Y. Harganya pun bersaing, hampir separuh lebih daripada versi KBBI asli. Tapi yang “duplikat” macam itu seharusnya dihindari karena sama saja memberi makan pencuri. Masih banyak kamus selain KBBI yang bisa memandu berbahasa secara tepat.

Salah satu kamus itu adalah Kamus Bahasa Indonesia yang dikarang Hermawan Aksan. Kamus ini, lebih khusus, diperuntukan bagi para pemula. Katakan saja para pelajar setingkat sekolah menengah pertama. Karena diperuntukkan bagi para pemula maka kata yang ada disampaikan lebih ringkas namun tetap akurat. Dari sisi kepraktisan, Kamus Bahasa Indonesia tentu lebih mudah dibawa karena lebih ringkas daripada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus ini pun kiranya sudah bisa menjawab kebutuhan akan “kata-kata sukar” yang sering ditemui para pemula.
  
Dengan cara penyusunan yang praktis, ringkas, dan akurat menjadikan kamus ini sebagai pilihan di antara kamus-kamus serupa yang beredar di pasaran.Kamus ini juga sudah bisa memandu para pemula untuk tidak ikut dalam vickynisasi dan mencegah bahaya laten vicykinisme. Supaya generasi muda bebas dari cengkeraman liberalisasi, degradasi, dan dehumanisasi dalam berbahasa Indonesia.

Identitas Buku:
Judul: Kamus Bahasa Indonesia
Pengarang: Hermawan Aksan
Tahun Terbit: 11 Agustus 2013
Bahasa: Indonesia
Genre: Kamus
ISBN: 9786027768314


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kamus Bahasa Indonesia Praktis untuk Pemula

0 komentar: